Resep Ayam Bumbu RW

Sekilas tentang Bumbu RW
Istilah RW berasal dari bahasa daerah Tanah Minahasa (baca: Manado) yang berarti rambut (bulu) halus. Terdiri dari kata "Rintek" yang berarti halus/jarang/tipis/pendek dan juga "Wuuk" yang berarti rambut/bulu.
Pada awalnya bumbu RW ini diracik untuk membumbui daging hewan yang berbulu halus dan  pendek (Rintek wuuk). Diantaranya anjing dan berbagai binatang hutan yang memiliki kriteria RW ini, termasuk juga daging yang 'berhawa' panas.

Namun dalam perkembangannya, dimana sudah mulai sulitnya mencari binatang binatang hutan berkriteria seperti itu, dengan makin ketatnya undang undang perlindungan satwa liar, sehingga pengaplikasian bumbu ini akhirnya lebih banyak pada daging anjing.. Dan untuk selanjutnya istilah 'RW' ini menjadi identik dengan masakan daging anjing.

Kita lanjutkan cerita tentang bumbu RW ini... Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat kemudian mulai mencoba coba untuk mengaplikasikan racikan bumbu ini pada daging ayam maupun bebek, dan ternyata bisa klop juga.

Resep Ayam Bumbu RW
Ayam RW -- Selamat menikmati
Tapi sejujurnya, untuk pengaplikasian bumbu RW memang daging bebek bumbu RW lah yang lebih 'klik' dibanding dengan daging ayam. Tapi bukan berarti daging ayam dibumbuin RW itu kurang enak loh.

Belon percaya? Coba deh sekali sekali mampirlah  ke resto yang menjual masakan Manado yang menyajikan hidangan ini dan nikmati rasanya... Dan perlu dicoba lagi jika ayam bumbu RW ini disantap bersama Nasi Jaha (Nasi yang dibumbuin dan dibakar dalam bambu)...*resep menyusul yaa

Lanjut...... Sebagaimana diketahui, etnis Minahasa juga memiliki banyak sub etnis dan tentu saja ada perbedaan dalam beberapa hal termasuk cara memasak dan meracik bumbu RW ini.

Resep kuliner Manado dibawah ini yang nota bene adalah resep dari dapur keluarga kami, konon teradaptasi dari cara memasak ala kaum Borgo (masyarakat pesisir pantai yang menurut sejarah adalah keturunan Portugis, Spanyol, Belanda dan lain sebagainya). Baik pemakaian bumbu bumbunya ataupun cara memasaknya.

Salah satu kunci memasak bumbu RW yang enak adalah terletak pada pemakaian bumbu. 'Berani bumbu' lah bahasa kerennya. Makanya jangan kaget jika melihat takaran bumbunya yang banyak.

Ok? simak yuk resep masakan Manado yang satu ini


Resep ayam bumbu RW

Bahan
  • 1 ekor ayam besar
  • 2 buah jeruk nipis diambil airnya
  • 20 daun jeruk besar, bisa dirajang halus, bisa juga dibiarkan utuh
  • 1 lembar daun pandan, dapat dirajang halus, dapat juga dipotong menjadi 4 bagian
  • Air secukupnya
  • 1 sdm pala parut (bisa juga menggunakan pala bubuk, jika pala yang diparut manual tidak tersedia)
  • 3 sdm minyak goreng
  • 25 cabe rawit dihaluskan (atau menurut selera)
  • 15 buah bawang merah dihaluskan
  • 3 cm kunyit dihaluskan
  • 3 cm jahe dihaluskan
  • 10 buah sereh ditumbuk halus
  • 2 buah lengkuas (kira kira sebesar bola ping pong) - dihaluskan
Cara membuat ayam bumbu RW
  • Ayam dipotong potong kemudian dilumuri dengan air perasan jeruk dan garam. Diamkan sekitar 15 menit.
  • Masukkan potongan potongan ayam ke dalam wajan, masukkan juga semua bumbu bumbu termasuk minyak goreng.
  • Masak campuran bumbu tadi dengan api sedang. Sekali sekali diaduk agar tidak gosong.
  • Tunggu sampai minyak ayamnya keluar, lalu masukkan air hingga ayam tenggelan dalam air.
  • Masak lagi sampai kering. Koreksi rasa.
  • Angkat, siap disajikan.
Ayam RW sebelum dijerang di api
Ini cara mengolah ayam bumbu RW versi keluarga saya, kami memang tidak menumis bumbunya terlebih dahulu, karena menurut selera kami, bumbunya akan terasa lebih 'original' meresap ke dalam daging ayam jika bumbunya matang besama minyak ayam. Tetapi ada juga yang lebih suka menumis bumbunya terlebih dahulu.. Tidak ada masalah... Semuanya enak ... Memasak kan adalah seni juga, jadi semuanya terpulang pada selera masing masing.

Lanjuuut..  Resep yang tadi saya paparkan itu adalah cara memasak ayam bumbu RW menurut Kaum Borgo... Bagaimana dengan cara memasak ayam bumbu RW versi masyarakat daerah pegunungan?

Sedikit berbeda dengan versi kami, mereka memasaknya dengan menumis bumbu terlebih dahulu dan menambahkannya dengan  daun kemangi, tetapi tidak menggunakan pala bubuk.

Demikian artikel Resep Ayam bumbu RW ini, semoga menginspirasi

Selamat mencoba.  Enjoy masakan Manado and Happy Cooking

Pingin coba masakan Manado lainnya? yuk simak resep di bawah ini:

5 comments:

  1. aku udah coba 2x resep ini. enak sih. tapi karena takaran garamnya nggak ditulis, aku takar sendiri 1,5 sdt, tanpa vetsin udah enak. waktu masak ke 2 bumbunya aku tumis dulu baru masukin ayam. rasa bumbunya lebih keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih apresiasinya, mbak ... Soal takaran garamnya relatif sih ya --- Ditumis bumbunya dulu juga ok.. sepanjang itu dirasa lebih sreg......Monggo dicoba resep masakan Manado lainnya yang ada disini....

      Delete
  2. awalnya sya kira RW itu Rukun Warga. hehe.. bisa dicoba dirumah nih..bumbunya juga gak terlalu ribet

    ReplyDelete
  3. Cuma pake bawang merah ya sis? Gak pake bawang putih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sist.... bawang merah saja. Kalau pake bawang putih ntar rasa khasnya berubah...

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK